• wiiner
  • Support CSA
   
Forget Password
Live Help

Tunjukkan ide-ide kreatifmu
dalam menjawab berbagai pilihan pertanyaan sesuai dengan tema yang sedang berlangsung.

Desa Pinter

Bagaimana memanfaatkan akses Internet untuk mendorong perekonomian yang mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat pedesaan di seluruh pelosok Tanah Air?

Pemerintah telah meluncurkan program Desa Pinter (Desa Punya Internet) untuk menyediakan akses Internet hingga di tingkat Kecamatan. Tidak tanggung-tanggung, dana yang disiapkan mencapai Rp 2 triliun. Targetnya, pada 2015 semua Desa sudah tersambung ke Internet, mengikuti target PBB. Tahun ini, ada 5.748 Kecamatan di seluruh Indonesia sudah menikmati akses Internet. Desa Pinter adalah kelanjutan dari program sebelumnya, Desa Berdering yang menyediakan 27.000 sambungan telepon di 10.000 desa. Jadi setelah telepon nyambung, Internet juga nyambung.

So what?  Kalau cuma akses saja, apakah bermanfaat bagi masyarakat desa? Menurut Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) ada hubungannya antara ekonomi dan akses Internet, menuju masyarakat broadband.  Sambungan Internet itu harus ada isinya, seperti aplikasi bisnis. Apa lagi solusi kreatif yang bisa membuat Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) dalam Desa Pinter ini bisa meningkatkan produktivitas dan tingkat taraf hidup desa dan masyarakatnya, baik dalam hal perekonomian maupun pendidikan.

Solusi kreatif itu tentunya harus memperhatikan: (1) Faktor kesiapan masyarakat untuk menyerap atau menerima teknologi baru,(2) Faktor sosial budaya lokal dan (3) Faktor produk unggulan dan daya saing daerah.

Pemberdayaan ICT untuk Desa Pinter dapat dengan memanfaatkan berbagai aplikasi pendukung eBusiness antara lain web hosting/internet colocation, pembayaran online sejenis ZIS Bersama, aplikasi berbasis sms, bulk mailer, video conference maupun aplikasi/teknologi yang lainnya.

ACFTA

Bagaimana strategi bisnis yang jitu dalam menghadapi serbuan produk China, setelah penerapan ACFTA (Asean-China Free Trade Agreement)?

Zona perdagangan bebas Asean-China (ACFTA) mulai berlaku efektif sejak 1 Januari 2010, dengan lebih dari 6.600 pos tarif masuk yang dihapuskan. Produk China bebas masuk ke pasar Indonesia dan begitupun sebaliknya. Dalam pasar bebas ini, produk-produk dari China kini bisa dengan mudahnya masuk pasar Indonesia karena tidak ada lagi dikenakan tarif bea masuk. Tanpa tarif bea masuk, harga produk-produk China yang sudah terkenal karena murahnya ini, bisa turun lagi. Bahkan bisa lebih murah daripada produk-produk lokal, padahal sebenarnya ada banyak produk Indonesia yang juga punya potensi untuk masuk ke pasar China, seperti produk makanan misalnya.

Jelas bahwa produk-produk lokal membutuhkan ide, inovasi, solusi dan strategi bisnis jitu yang mampu meningkatkan daya saing menghadapi serbuan produk China. Sebagai contoh, produsen lokal bisa meningkatkan efisiensi  operasionalnya dengan implementasi sistem teknologi informasi sehingga bisa menghasilkan produk berkualitas, namun dengan harga yang lebih murah sehingga bisa berkompetisi dengan produk China.  Produsen lokal juga dapat memperkuat brand sehingga menjadi pilihan utama konsumen Indonesia dibandingkan produk China.

Digital City

Kebutuhan masyarakat akan akses informasi yang mudah dan cepat menjadi semakin meningkat, termasuk dalam untuk kegiatan sehari-hari seperti kegiatan ekonomi ataupun kegiatan kemasyarakatan.

Atas dasar itulah konsep Digital City lahir. Digital City mengkombinasikan infrastruktur broadband dan layanan publik berbasis ICT untuk mendukung terwujudnya tata kelola pemerintahan yang mengintegrasikan tiga apsek yaitu pemerintahan, masyarakat dan dunia usaha. Digital City juga dapat menghubungkan antara satu kota/kabupaten ke banyak kota/kabupaten lainnya.

Salah satu contoh penerapan konsep digital city yang sukses di Indonesia adalah Kabupaten Jembrana di Bali. Saat ini Pemerintah Kabupaten Jembrana berhasil menjalankan e-government, e-society dan e-business, yang terintegrasi dari pusatnya di Pemkab Jembrana sampai ke tingkat terbawah yaitu sekolah-sekolah.

Dengan demikian konsep Digital City telah menjadi solusi yang mempermudah kehidupan bermasyarakat dan membawa manfaat ekonomi baik secara langsung maupun tidak langsung bagi masyarakat Indonesia.

Solusikan ide "OUT OF THE BOX” anda untuk pengembangan konsep Digital City dari yang sudah ada selama ini. Solusi pengembangan konsep Digital City yang sudah anda buat, harus dapat mengkoneksikan kebutuhan pemerintahan, masyarakat dan bisnis, meningkatkan taraf hidup masyarakat dan perekonomian hingga menjadi solusi bagi keunggulan potensi daerah anda ke manca Negara. Anda harus mencantumkan nama kota/kabupaten sebagai bahan case study tulisan anda.

Salam kreatif ^^

CSA

e-Commerce

Pengertian e-Commerce secara sederhana adalah: sebuah kegiatan pemasaran dan penjualan produk maupun jasa melalui media elektronik, dalam hal ini adalah jaringan internet.

Seiring arus globalisasi dan perluasan jaringan internet di berbagai belahan dunia, e-Commerce menjadi salah satu alat yang bisa dimanfaatkan pebisnis untuk memasarkan produk dan menarik pelanggan potensial dari berbagai negara di dunia. Selain akses pasar, e-Commerce juga merupakan sarana pemanfaatan eChannel yang powerful efisiensi biaya dan waktu. Namun kegiatan e-Commerce terkadang kurang efektif karena terbentur berbagai faktor, seperti ketidakpercayaan konsumen atas validitas produk dan jasa yang ditawarkan akibat kasus penipuan (fraud), kesulitan mengakses situsnya, atau hal teknis lainnya meskipun perusahaan mempunyai produk dan jasa yang bagus.

Kemajuan teknologi informasi dapat dimanfaatkan untuk menyajikan e-Commerce yang tidak hanya mengandalkan kekuatan/daya tarik dari sisi produk maupun jasa yang ditawarkan tapi juga menarik dari berbagai sisi antara lain seperti awareness, kelengkapan identitas, fasilitas bertransaksi maupun kemudahan akses.

Kami harapkan peserta memilih/menyoroti salah satu permasalahan di e-commerce saat ini (Kemudahan, Payment, Delivery, Feature/Application/Web interface, How To/User Guide/education, Security,  Regulation, Warranty, Domain Name, dll), kemudian peserta harus membuat usulan perbaikannya. Mohon dapat mencantumkan case study dari portal commerce yang sudah ada sebagai perbandingan, bisa yang skala besar atau skala kecil.

Setiap posting ide hanya boleh membahas satu bahasan spesifik. Anda dapat mengirimkan ide baru jika ingin membahas bahasan spesifik lainnya.


Data tidak ditemukan

    Support CSA 2

    Pengunjung dan supporter CSA 2 kini berkesempatan mendapatkan T-Shirt/Pin unik CSA 2 cukup dengan menjadi supporter CSA 2.

    Top User by Comment

    Sutrisno
    Score : 1379 | Detail

    Miftahul jannah
    Score : 281 | Detail
    Dita Yolanda
    Score : 50 | Detail

    Winner Position

    Top By Jury
    Achmad Junaidi

    Top By Jury
    Bambang Irawan

    Top By Vote
    Agustinus

    Top By Comment
    Sutrisno

    Provided by Lintasarta indosat Company Official Media Partner : Bisnis Indonesia Official Media Partner : Bisnis Indonesia